Selasa, 19 Januari 2010

Memulai Usaha

Kakek-nenek dan para paman saya adalah pedagang. Beberapa tahun lalu saya pernah tanya bagaimana mereka dahulu memulai usaha, jawabannya : ya mulai saja, nanti jalannya akan ketemu sendiri. “Wah, nekat !”, ujar saya, “Kalau sekarang saya mempelajari dulu, googling cari info di internet”. “Terus sekarang sudah mulai belum ?”, mereka balik bertanya. Hi..hi..hi..., bell...llum !

Itulah, ternyata bukan hal mudah untuk membulatkan hati memulai suatu usaha atau bisnis. Para pendahulu kita, karena keterbatasan akses informasi dan karena faktor kemendesakan, tidak sempat bertele-tele dalam persiapan. Paling banter bertanya sekedarnya kepada teman atau sesepuh yang sudah berpengalaman. Sedangkan kita, informasi sudah seabreg juga tetap ragu mengambil langkah.

Tapi sebaiknya memang tidak grasa-grusu, apalagi bagi anda karyawan yang ingin pindah kwadran menjadi pebisnis. Pun jika keputusan sudah diambil, cara memulainya juga perlu dipelajari dan direncanakan dengan baik. Jangan tergoda ingin disebut sebagai entrepreneur sejati, lha wong memang masih pemula kok.

Untuk membantu anda, saya sudah keliling blog mengumpulkan informasi tentang cara memulai usaha. Sangat banyak dan bagus-bagus materinya. Namun harus saya akui jika kebanyakan memang berbicara bisnis online, karena mencarinya juga di dunia online kan ? Jangan khawatir, sudah saya seimbangkan porsi on line dengan yang off line. Lagi pula, yang on line pun ternyata tidak sulit diikuti karena sudah dikemas agar bisa dijalankan oleh semua orang. Berikut hasil-hasil keliling blog :

www.squidoo.com mengkhawatirkan banyak orang memulai bisnis dengan cara yang salah, menggunakan gaya jaman revolusi industri. Cara jaman sekarang ditunjukkan disini.

Degra simba menawarkan bisnis untuk produk inovatif penguras septitank tanpa disedot. Bagus bagi anda yang punya problem septitank penuh /wc bau dan juga ingin mulai berbisnis. Cara-caranya sederhana dan mudah diikuti.

bi.konblog.com mengutip tulisan Arifin Nova yang menyajikan tips 10 cara mudah memulai usaha.

adityafajar.com mengambil tulisan dari StartupNation.com, menulis tentang 10 langkah membuka usaha. Meskipun referensinya dari luar sono, tapi materinya cukup universal untuk diterapkan di negeri kita.

mulaibangkit.com menyajikan tulisan mengenai cara memiliki toko on line.

bisnisukm.com mengajak anda untuk belajar membisniskan makanan, bukan hanya bisa membuatnya saja.

idebisnisusaha.com juga berbicara tentai memulai usaha makanan

in-tips.com akan membantu anda yang ingin berbisnis tapi merasa ragu-ragu, takut, dsb untuk memulai.

pukatbangsa.wordpress.com menawarkan kepada anda yang merasa kebanyakan dengan 10 langkah, yaitu dengan tips 8 langkah memulai usaha. Lumayan, ada dibahas juga masalah asuransi dan perpajakan.

dcparfum.com menyajikan tulisan seorang akademisi dan marketing inspirator berjudul kiat memulai usaha dengan modal kecil. Pembahasannya cukup lengkap.

irwinday.web.id menyajikan informasi lengkap untuk anda yang ingin memulai usaha warnet. Harga-harganya aja kali ya yang perlu disesuaikan dengan kondisi sekarang.

zainalafandi.blogspot.com menyajikan tulisan dengan judul bagaimana memulai usaha. Tulisannya diawali dengan kalimat berikut :” Blog kali ini saya sadur dari tulisan dalam blog mas yoyok semoga menginspirasi temen2 yang masih TDB ataupun AMPHIBI”.

pengusahamuslim.com mengupas tentang 10 kesalahan yang dilakukan pengusaha saat memulai usaha. Paling tidak 10 kesalahan ini bisa dihindari, lumayan banyak tuh. Meskipun demikian, anda tetap harus waspada kemungkinan ada kesalahan yang ke 11, 12, dst. Kalau anda menemukan, tolong tulis ya di komentar.

konsultanide.blogspot.com menyajikan 9 trik/kiat memulai usaha. Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber ini diharapkan menepis keragu-raguan anda untuk segera action.

nizard.bloggergarut.or.id memberikan cara memulai usaha dengan metode pemecahan masalah. Mau tahu ? Silakan klik blognya.

www.suaramedia.com menyajikan artikel tentang memulai usaha rumahan dengan anggaran terbatas. Hoayoo, yang beralasan modal silakan baca..

bikin.web.id menulis tentang perdagangan antar pulau. Modal bisa kecil, menengah, atau besar.

www.waralabaku.com menulis tentang memulai usaha dari sebuah gagasan.

id.88db.com juga berbicara tentang gagasan dalam bisnis.

www.eramuslim.com memberikan kesempatan tanya jawab mengenai cara memulai usaha.

bisnis.vivanews.com menyajikan tulisan agak berbeda tentang permodalan usaha di tahap awal. Jika banyak tulisan membahas peran modal bank, disini dibahas usaha dari modal non bank. Merupakan artikel bersambung.

www.annangmustofa.com menantang kita untuk melakukan evaluasi diri dan memberikan beberapa persiapan sebelum memulai usaha.

Nah, gimana ? Sudah bertambah yakin untuk memulai ? Jika semakin ragu, ya jangan dipaksakan. Jadi karyawan, asalkan profesional juga tidak kalah baiknya. Kalau semua jadi pengusaha, lha siapa yang jadi karyawannya. Iya, to ?


2 Comments:

Nizard said...

hatur nuhun tos di publish didie :D

Obat Keputihan said...

this post is very interesting and easy to read, I hope to visit again

Posting Komentar

Komentar Anda, Harapan Saya

blogger templates | Make Money Online