Jumat, 12 Februari 2010

Efek Blogging Terhadap Motivasi Diri

Saking besarnya efek blogging terhadap motivasi diri saya, akhirnya saya buat lagi tulisan ini di blog gratisan saya yang lain. Dalam hal ini tentu saja motivasi untuk memeriahkan kontes SEO Ekonomis yang diselenggarakan Blog Motivasi Mental milik mas Fadly Muin. Mau tahu apa bedanya kalau dibuat di blogspot.

Harus diakui memang blogging memberi warna tersendiri bagi kehidupan para pelakunya. Itu mereka akui sendiri dalam berbagai tulisan atau pun komentar yang muncul. Dengan beragam alasan dan tema yang diusung, mereka berbondong-bondong meramaikan jagad blogosphere. Motivasi apa sajakah ? Kita akan kupas lebih lanjut.

Seperti tulisan sebelumnya, saya juga akan memulai dengan mencari tahu apa pengertian dari motivasi.
Saya teringat pernah googling mencari definisi dan uraian tentang motivasi. Di wikipedia ada penjelasannya namun kurang pas dengan keinginan saya. Akhirnya yang saya inginkan saya dapat di Squidoo.com. Disana dituliskan bahwa motivasi adalah sebuah alasan atau dorongan seseorang untuk bertindak. Orang yang tidak mau bertindak sering kali disebut tidak memiliki motivasi.

Pada dasarnya semua motivasi itu datang dari dalam diri, faktor luar hanyalah pemicu munculnya motivasi tersebut. Dari sini terlihat bahwa efek blogging terhadap motivasi diri sifatnya adalah memicu, memberikan dorongan agar seseorang bisa mengeluarkan seluruh potensi dirinya. Bagaimana selanjutnya ia bertahan menghadapi kendala tergantung seberapa besar motivasi internal di dalam dirinya.

Pada proses selanjutnya, faktor internal dan eksternal saling mempengaruhi secara timbal-balik dalam membentuk motivasi. Suasana blogging yang bergairah akan berefek positif, dan begitu pula sebaliknya. Stabil atau tidaknya, konsisten atau tidaknya, akhirnya berpulang kepada motivasi internal seseorang.

Begitulah kira-kira sedikit kupasan tentang efek blogging terhadap motivasi diri. Semoga ulasan yang sedikit ini bermanfaat untuk semakin menggairahkan jagad blogosphere.

0 Comments:

Posting Komentar

Komentar Anda, Harapan Saya

blogger templates | Make Money Online