Kamis, 30 September 2010

Keliling Blog, Beli Buku, Atau Nonton Televisi

Judul posting kali ini berkaitan dengan upaya memperoleh informasi atau pengetahuan. Jika saya menuliskan blog, buku, dan televisi, maksudnya adalah bahwa blog mewakili media internet, buku mewakili media cetak, dan televisi mewakili media siaran. Jadi memang sudah sedemikian banyak pilihannya.

Meskipun sama-sama bisa menjadi sumber informasi dan pengetahuan, ketiga media di atas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan itu tergantung kepada jenis dan kualitas informasi yang kita harapkan, kemudahan dan nilai pengorbanan yang diperlukan. Karena semuanya terkait kepada sarana fasilitas, maka sarana yang anda miliki saat ini juga ikut menentukan pilihan.

Pilihan yang paling umum saat ini adalah media siaran, khususnya televisi. Saya kira saat ini hampir semua keluarga memiliki televisi. Dan dengan banyaknya stasiun televisi saat ini maka tak ada alasan kita tertinggal informasi terkini. Salah-salah malah bisa mabuk informasi.

Kelemahannya, kita tidak bisa memilih informasi sesuai kebutuhan kita. Bahkan banyak orang sudah mulai mengeluhkan kualitas informasi yang tersaji, khususnya bagi anak-anak. Apa yang diprogramkan para stasiun, itulah yang bisa diperoleh.

Pilihan lainnya adalah buku atau surat kabar. Informasi dari buku jelas lebih khusus dan mendalam, tapi anda harus menyisihkan sejumlah dana untuk beli buku tersebut. Dan kini sudah makin mahal harganya.

Bila orang hanya membutuhkan sebagian informasi saja atau ingin mengetahui selintas dari suatu buku, pilihannya adalah pinjam buku. Dari perpustakaan atau pinjam ke teman. Pinjam buku juga membuat kita segera membaca buku tersebut, tidak ditunda-tunda seperti buku milik sendiri.

Nah, pilihan lainnya yang kini sudah semakin diminati adalah dengan keliling blog mencari informasi di internet. Bagi yang sudah memiliki komputer dengan fasilitas internet, cara ini merupakan cara paling praktis, cepat, dan banyak pilihan informasinya.

Kelemahan informasi di internet adalah kualitas informasi yang tidak jelas pertanggungjawabannya. Pembacalah yang harus bijaksana menyikapinya. Karena tidak semua tulisan memberikan rujuan atau sumber yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Apalagi untuk blog, dimana bertaburan blog personal dengan kebebasan amat tinggi dalam mempublish tulisan. Pengalaman pribadi, opini pribadi, curhat, bercampur-aduk dengan berita-berita yang sedang ngetrend di masyarakat.

Namun informasi yang berkualitas juga tidak sedikit di blog. Banyak pemilik blog yang rajin menulis ulang pengetahuan berharga di buku-buku atau media cetak lainnya, atau berbagi pengetahuan yang memang menjadi keahliannya. Disinilah manfaat lebih dari media internet menjadi terasa.

3 Comments:

gavee said...

Keliling blog atau blogwalking jadi pilihan saya...seperti sampai ke blog ini, meskipun datang nya dari google.salam.

Obat Kuat said...

terima kasih banyak untuk berbagi informasi, Semoga Tuhan memberikan yang terbaik buat Kita Semua

Obat Penyubur Kandungan said...

Info yang bagus dan menarik untuk dibaca, Saya suka mengunjungi blog ini.

Posting Komentar

Komentar Anda, Harapan Saya

blogger templates | Make Money Online