Selasa, 16 Maret 2010

Gratisan Atau Berbayar

Beberapa hari ini saya punya hajat yang lumayan melelahkan, yaitu pindah rumah. Bertahun-tahun saya jadi kontraktor alias tinggal di rumah kontrakan, kepindahan kali ini adalah ke rumah sendiri. Di dunia blogging, ada kondisi yang agak mirip terkait dengan status rumah tersebut, yaitu di kenal ada blog gratisan dan blog berbayar.

Jika anda keliling blog, anda akan mudah membedakan antara blog yang gratisan dengan yang berbayar. Blog yang gratisan alias nebeng domain, maka nama domain URL nya ada nama domain pemilik, sehingga terlihat cukup panjang. Contohnya blog ini adalah blog gratisan yang nebeng ke bloger.com, makanya ada kata blogspot.

Ada juga yang nebeng ke wordpress, contoh suarakelana.wordpress.com. Blogspot dan wordpress adalah dua domain besar yang sering dipakai oleh peminat blog gratisan. Untuk penyedia lokal, kalau nggak salah ada dagdigdug, blogdetik, dsb. Kebanyakan blogger biasanya mencoba yang gratisan dulu sebelum memiliki blog berbayar.

Sedangkan blog yang berbayar adalah yang memiliki domain dan hosting sendiri, dengan cara menyewa ke jasa penyedianya. Domain disewa tahunan, setelah setahun bisa diperpanjang dengan membayar sewa lagi atau berhenti. Format nama URL blog berbayar adalah namadomain.ext, dimana extentionnya bisa memilih com, info, dll. Ada aturannya apakah untuk pribadi, pemerintah, dll.

Kelebihan blog berbayar adalah menyangkut keleluasaan dalam mengatur blognya. Untuk blog gratisan biasanya harus mematuhi ketentuan dari sang pemilik. Harus menyetujui Term Of Servicenya. Beberapa fasilitas yang dimiliki blog berbayar juga tidak ada dalam blog gratisan.

Namun bila menyangkut kualitas content blog,pengelola blog merupakan faktor yang paling menentukan. Jangan heran bila kita menjumpai beberapa blog gratisan dengan konten yang sangat bagus melebihi banyak blog berbayar. Contoh blognya Kang Rohman, tempat saya banyak belajar tentang blogspot.

Itulah sekilas mengenai blog gratisan dan berbayar, sebagai bekal pengetahuan saat keliling blog. Mohon maaf bila ada info yang kurang akurat dan kurang lengkap, karena saya juga baru belajar dengan blog gratisan.

0 Comments:

Posting Komentar

Komentar Anda, Harapan Saya

blogger templates | Make Money Online