Minggu, 07 Maret 2010

Keliling Dari Desa Ke Desa

Jika anda melakukan keliling blog, anda tak ubahnya melakukan kunjungan dari desa ke desa. Desa disini mungkin lebih tepat disebut komunitas. Ada komunitas penggemar puisi, ada komunitas belajar blogging, komunitas bisnis online, komunitas penggemar film, musik, dan lain sebagainya.

Sebuah blog bisa dikelompokkan dalam komunitas tertentu biasanya tergantung tema yang dipilih blog tersebut. Dan karena ketentuan dari mbah Google yang lebih mengutamakan hubungan link antar blog setema, maka blog-blog dengan tema yang sama cenderung akan berkelompok membentuk suatu komunitas. Link yang terbentuk diantara mereka akan membantu menaikkan peringkat PR masing-masing blog.

Jika saat keliling anda masuk lebih dalam ke suatu komunitas, anda akan menjumpai keunikan-keunikan yang menjadi ciri suatu komunitas. Biasanya ada aturan tak tertulis yang menjadi pedoman berinteraksi di antara sesama blog. Dan sebagaimana juga di masyarakat alam nyata, pelanggaran terhadap aturan ini akan membuat suatu blog jadi aneh sendiri. Bahkan bisa dikucilkan.

Sebagai penambah ramai suasana, kadang suatu blog mengadakan kontes. Topik kontes biasanya sesuai tema blog tersebut. Sebagai contoh yang saat ini juga masih berlangsung adalah kontes SEO ekonomis yang mengusung tema Efek Blogging Terhadao Motivasi Diri. Jelas terlihat blog ini memiliki tema yang terkait dengan motivasi.

Selain untuk memeriahkan suasana, suatu blog menyelenggarakan kontes adalah sebagai sarana promosi blog agar lebih dikenal. Akan dipersyaratkan agar peserta kontes memberikan backlink kepada blog penyelenggara. Anda tentu tahu betapa berharganya backlink berkualitas bagi suatu blog. Dan meskipun kontes ini terbuka bebas bagi blog dengan tema apa pun, tapi blog setema dalam komunitasnya tentunya akan mendukung penuh.

Jika kontesnya bertema SEO, jurinya biasanya adalah mabh Google sendiri. Posisi blog peserta dalam ranking pencarian google bila diketik keyword yang menjadi target kontes akan menentulan siapa pemenangnya. Jadi nggak perlu repot-repot merekrut tim juri. Dan kredibilitas juri yang satu ini tidak akan diragukan atau dikomplain oleh peserta mana pun.

Sekian dulu cerita keliling dari desa ke desa, kelak disambung lagi.
.
.
Baca juga :
> Keliling Perbatasan
> Keliling Blog = Blogwalking ?
> Artikel-artikel hasil Keliling Blog

0 Comments:

Posting Komentar

Komentar Anda, Harapan Saya

blogger templates | Make Money Online